3ws5YD1Q5oUGxXCjT2rIiCIobtqda5Qel3SCkn6a
Bookmark

AGPAR: Aplikasi Greeting & Parting (Vlog Pembatik)


Belajar bahasa inggris itu sulit?  Bagaimana agar pelajaran bahasa inggris menjadi menyenangkan?

Pendidikan bahasa Inggris di sekolah merupakan hal yang penting untuk membekali siswa dengan keterampilan berbahasa asing yang diperlukan dalam dunia global saat ini. Salah satu materi dasar adalah bahasa Inggris sehari-hari, terutama dalam menyapa dan berpamitan dalam bahasa inggris. Oleh karena itu, perlu ada inovasi dalam pembelajaran untuk membuatnya lebih menarik dan efektif

Saya adalah guru bahasa inggris di UPTD SMPN 2 Robatal. Ketika saya memasuki kelas 7, masih banyak siswa yang mengatakan kalau bahasa inggris itu sulit. Menurut mereka, menghafal kosakata bahasa inggris dan mengucapkannya sulit untuk dilakukan. Apabila saya meminta mereka untuk mengikuti ucapan saya dalam bahasa inggris, jawaban mereka selalu sama: “Saya tidak bisa bahasa inggris, Pak”.

Saat awal tahun ajaran baru, sebagai wali kelas 7 saya melakukan asesmen diagnostik gaya belajar siswa. Berdasarkan hasil asesmen tersebut, terdapat variasi gaya belajar siswa di kelas 7. Ada yang gaya belajarnya lebih condong ke visual, ada yang condong ke auditori, ada pula yang condong ke kinestetik. Variasi gaya belajar siswa dalam satu kelas mendorong saya untuk memikirkan cara supaya dapat mengakomodir setiap gaya belajar dalam pembelajaran bahasa inggris.

Hal inilah yang mendorong saya untuk membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif yang saya beri nama Aplikasi Greeting & Parting (AGPAR) untuk meningkatkan semangat belajar siswa.

AGPAR adalah singkatan dari Aplikasi Greeting and Parting. Sebuah Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dibuat dengan Powerpoint. Di dalamnya terdapat materi dan game edukatif yang dapat membuat proses pembelajaran bahasa inggris menjadi lebih menyenangkan.


Berikut adalah Vlog Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK menggunakan AGPAR


Berikut adalah postingan Vlog di instagram

Posting Komentar

Posting Komentar

Apa pendapatmu tentang tulisan ini?